Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Manfaat Drawdown dalam Trading

Trading

 Dalam dunia trading, ada informasi hasil bisnis dalam kurun waktu tertentu. Bersumber pada informasi itu, para Trader bakal memperhatikan net keuntungan, growth keuntungan, serta drawdown. Dalam hal ini, kita akan mangulas drawdown atau juga disebut penarikan. 

Apa itu Drawdown?

Drawdown merupakan penyusutan nilai dari investasi tunggal ataupun portofolio investasi dari nilai paling tinggi ke terendah dalam rentang waktu perdagangan tertentu. Penarikan ini umumnya diambil sebagai persentase antara puncak serta palung selanjutnya.

Bila akun trading mempunyai 10 juta, kemudian turun jadi 9 juta saat sebelum bergerak kembali ke nilai 10 juta, itu maksudnya akun perdagangan membuktikan drawdown( penarikan) sebesar 10%.

Sederhananya, drawdown merupakan besarnya kerugian berturut- turut yang dapat terjadi di dunia investasi, perdagangan, ataupun dana. Hal ini adalah  faktor resiko yang butuh dipertimbangkan kembali oleh tiap investor. 

Drawdown dalam Dunia Trading

Di dunia perdagangan, drawdown merupakan penurunan ekuitas dalam akun pedagang. Dalam kondisi ini, palung ataupun titik terendah tidak dapat didetetapkan saat sebelum muncul puncak besar terkini ataupun titik kembali ke ketinggian aslinya.

Advokat perdagangan kerap menggunakan drawdown buat memastikan resiko yang dialami seorang pedagang. Resiko ini bisa diusut dengan memperhatikan jumlah uang dan lama yang dibutuhkan.

Seperti dipaparkan sebelumnya, pencabutan yang ditinjau bersumber pada jumlah uang ditunjukkan dalam persentase. Sedangkan dengan cara lama, pencabutan merujuk pada lamanya waktu yang diperlukan supaya uang dalam akun bisnis kembali ke jumlah awal sesudah mengalami kerugian.

Definisi ini pasti berlainan dalam dunia investasi ataupun perbankan. Dalam dunia perbankan, beliau merujuk pada akses ke dana kredit yang dicoba dengan cara bertahap. 

Macam-Macam Drawdown

Ada 3 tipe drawdown, yakni absolut drawdown, maximal drawdown, serta relative drawdown. Ketiganya akan dibahas di bawah ini. 

Absolute Drawdown

Absolute drawdown merupakan jumlah kerugian yang terjadi di awal investasi. Penarikan ini tercantum tiap investasi yang langsung memperoleh kerugian di awal. Angka ini merupakan kerugian yang didapat dari beda antara modal awal serta angka ekuitas terendah.

Berlainan dari penarikan pada biasanya, tipe ini tidak diperlihatkan dalam bentuk persentase. 

Maximal Drawdown

Maximal drawdown merupakan persentase maksimum dari penurunan modal dini sehabis dikurangi sebagian kerugian berturut- turut. Bila akun baru melakukan deposit sebesar 2 juta setelah itu langsung hadapi kerugian beruntun dengan keseluruhan 600 ribu, berarti persentase penarikannya ialah 30%. 

Relative Drawdown

Seperti namanya, penarikan ini bersifat sementara serta tidak menggambarkan resiko sesungguhnya. Mengambil perbandingan dari nilai keuntungan serta floating, beliau dapat dipakai buat mengetahui apakah sesuatu sistem trading lebih bagus dalam perihal keuntungan ataupun floatingnya.

Pentingnya Drawdown

Dua elemen penting yang perlu diperhatikan sehubungan dengan drawdown yaitu uang dan waktu.

Uang

Faktor resiko drawdown amat penting diperhatikan oleh para investor, namun kerap diabaikan. Berartinya penarikan ini dapat diamati dari gimana pengaruhnya kepada berbagai situasi investasi.

Misalnya, Kamu mau berupaya strategi trading yang sudah teruji profitabel dengan keuntungan tahunan lebih dari 20%. Tetapi, strategi itu membuat Kamu hadapi drawdown sebesar$6. 000 sampai$10. 000 meski dalam 4 tahun ekuitas hadapi kenaikan sampai$15. 000.

Walaupun begitu, penarikan ini senantiasa berarti diperhatikan sebab bila modal dagang awal merupakan sebesar$5. 000 kemudian terjadi drawdown sampai$6. 000, bukankah modal telah habis saat sebelum Kamu dapat menikmati kelebihan strategi itu? 

Waktu

Dalam drawdown, saat merujuk pada lamanya durasi yang dibutuhkan buat mengembalikan ekuitas awal sehabis kerugian serta naik ke nilai baru yang lebih besar.

Misalnya, Kamu berinvestasi pada reksa dana. Selama 7 tahun, hasil kemampuan investasinya baik serta cuma hadapi 2 penarikan besar saja: 10% dan 20%. Tetapi, pada saat terjadi penarikan, hal itu dapat berjalan sampai 18 bulan. Dengan kata lain, menginginkan waktu dekat satu separuh tahun untuk investasi itu buat membaik dari kerugian.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Manfaat Drawdown dalam Trading"